Pengen Cek Penyakit Sendiri? Ini 5 Aplikasi Gratis yang Bisa Bantu Kamu!

Gang, jangan sepelekan gejala gangguan kesehatan sekecil apapun yang kamu alami ya! Karena bagaimanapun juga, kesehatan merupakan hal terpenting bagi manusia. Gimana kamu bisa melakukan segala aktivitas, kalo kurang stamina lantaran tubuh atau jiwamu gak sehat? Jangan bingung, sekarang udah ada banyak aplikasi cek kesehatan gratis di Android yang bisa kamu andalkan. Cekidot!

1. AR First Aid

Aplikasi pendeteksi penyakit pertama bernama AR First Aid. Jangan panik saat mengalami alergi, luka bakar, tersedak atau bahkan kecelakaan ya, Gang. Sesuai namanya, AR First Aid memang dirancang sebagai pertolongan pertama dalam mengidentifikasi masalah kesehatan dan gejala penyakit yang kamu alami. Semisal kamu terkena alergi, setelah memilih kategori alergi, pilihlah jenis alergi yang kamu alami. Apakah itu alergi biasa, sengatan lebah atau mungkin yang lainnya. Dalam sekejap akan muncul rangkuman info tentang penyakit tersebut, beserta gejala yang ditimbulkan. Nggak cuma itu, di sini pun tersedia kolom pencarian untuk mencari tahu penyakitmu dengan mudah dan cepat. Kamu bisa gunakan kombinasi gejala sebagai kata kunci pencarian. Sangat membantu kan?

2. Vitamin Deficiency Finder

Di posisi kedua ada Vitamin Deficiency Finder. Salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi di negara berkembang adalah masalah kekurangan vitamin, Gang. Mirisnya, kondisi ini lebih banyak dialami oleh anak-anak dan juga remaja. Kalo dibiarkan, tentu sangat berdampak buruk di kemudian hari kan? Sehingga udah jadi kewajiban nih bagi kita Gang, untuk turut mengatasi hal tersebut. Aplikasi pendeteksi penyakit Vitamin Deficiency Finder bisa jadi salah satu pilihannya.

Ini digunakan sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah kekurangan vitamin, dengan mendiagnosa kebutuhan vitamin kamu berdasarkan gejala penyakit yang dialami. Kamu harus memasukkan keterangan umur dan jenis kelamin. Setelahnya, kamu diminta memilih bagian tubuh yang mengalami gangguan kesehatan, semisal bagian urinary. Lalu pilihlah gejala yang kamu alami di antara pilihan gejala yang tersedia. Belum selesai sampai di sini, lanjutkan pemeriksaan dengan memilih start check-up. Sebagai informasi tambahan, kamu bisa masukkan gejala lain. Ini untuk menetukan vitamin apa yang kamu perlukan. Nah, jika udah selesai, kini kamu bisa lihat deh hasil diagnosa kebutuhan vitaminmu, serta sumber vitamin yang dibutuhkan di Food Suggestions.

3. Pocket Doctor

Pada nomor ketiga, terdapat aplikasi pendeteksi penyakit yaitu Pocket Doctor.
Aplikasi kece yang memiliki sejumlah fitur yang sangat bermanfaat, di antaranya Kamus Kesehatan, analisis gejala dan pengukur Indeks Massa Tubuh ideal yang bisa kamu gunakan untuk mengukur keseimbangan antara tinggi dan berat badan. Pilih opsi Calculate, dan aplikasi ini akan langsung menampilkan hasil perhitungannya. Udah gitu kalo indeks massa tubuh kamu gak normal, kamu akan disarankan untuk melakukan diet demi mencapai titik normal.

4. iTriage Health

Aplikasi keempat, ada iTriage Health. Yang membuatnya berbeda dengan aplikasi lain adalah tampilannya yang menarik lantaran memuat banyak gambar. Ia juga menawarkan fitur diagnosis gejala yang nggak kalah oke dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Gang. Selain diagnosis, aplikasi pendeteksi penyakit ini juga memiliki basis data yang berisikan informasi tentang obat-obatan secara lengkap mulai dari A-Z. iTriage Health menggunakan gambar visual tubuh manusia. Kamu tinggal memilih bagian mana yang hendak didiagnosa. Selanjutnya akan muncul daftar masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada bagian tubuh tersebut. Pilihlah salah satu, dan cari tahu penyebab umum serta sampingan dari penyakit tersebut.

5. MoodTools

Nah aplikasi pendeteksi penyakit terakhir yang gak kalah keren, MoodTools. Aplikasi yang dapat melakukan diagnosa masalah kejiwaan serta cara mengatasinya. Selain memiliki fitur diagnosa kejiwaan, aplikasi MoodTools ini memungkinkan kamu mendapat saran aktivitas untuk menenangkan diri agar tidak stres. MoodTools menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sesuai dengan kondisi kejiwaanmu. Jawab dengan sebenar-benarnya ya, Gang! Selesai menjawab, akan muncul hasil diagnosanya. Makin tinggi skor yang kamu raih, artinya tingkat stress kamu juga makin tinggi. Tinggal lanjut ke bagian Activities deh, untuk menenangkan diri. Kamu bisa coba meditasi. Asyik kan?

Nah itu tadi, 5 aplikasi yang bisa jadi dokter pribadimu. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Selamat mencoba ya, Gang. Tuliskan komentar kalian di bawah dan saksikan video JalanTikus lainnya!

===================================================

Subscribe: https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Artikel: https://jalantikus.com/tips/10-skill-untuk-bekerja-di-google/?utm_source=YoutubeJT

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================