5 Manusia Setengah Robot yang HIDUP di Dunia Nyata

Gang, sekarang sudah banyak teknologi yang membantu kehidupan manusia lho. Salah satunya adalah Cyborgs. Tahu dengan istilah Cyborgs? Yap, cyborgs adalah sebuah rekayasa teknologi, yang menanamkan kemampuan robotic pada tubuh manusia. Kalau lihat di film sih kayaknya keren ya. Tapi faktanya banyak kontroversi di dunia nyata tentang penciptaan manusia cyborgs lho! Makanya, sekarang aku akan kasih tahu 5 manusia setengah robot yang ada di dunia nyata.

1. Neil Harbisson

Neil Harbisson merupakan manusia yang mampu “mendengarkan” warna. Pria kelahiran Inggris 33 tahun lalu ini, menderita penyakit buta warna ekstrem sejak lahir. Yang artinya, ia hanya dapat melihat warna hitam dan putih. Namun hidupnya berubah ketika ia memutuskan untuk memasang antenna implanted sebagai mata ketiganya.

2. Jesse Sullivan

Pada tahun 2001, kedua lengannya terpaksa diamputasi karena kecelakaan kerja yang mengerikan. Namun, kejadian inilah yang membawanya pada gelar manusia bionic pertama di dunia. Saat itu, Institut Chicago menawarkan kesempatan untuk mengganti kedua lengannya dengan lengan robotic. Jesse pun tidak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Sama seperti tangan manusia, Jesse mengontrol setiap pergerakan lengannya dengan menggunakan pikirannya.

3. Cameron Clapp

Pria yang kini beraktivitas dengan dua kaki dan satu lengan robotic ini, memiliki kisah yang tragis, Gang. Jadi, pada usia 15 tahun, ia pingsan dan terjatuh di jalur rel kereta api. Seketika kereta datang dan menghantam tubuhnya, sehingga kedua kaki dan satu tangannya harus diamputasi. Berkat dukungan dari dokter dan keluarga, Cameron berhasil bangkit dan mengakrabkan diri dengan implant robotic dalam tubuhnya tersebut. Tidak hanya berhasil mengontrol tangan dan kedua kaki dengan otaknya sendiri, Cameron Clapp juga menekuni profesi sebagai atlit lari dan aktivis amputasi.

4. Jens Naunmann

Jens mengalami kebutaan total sejak dua kecelakaan yang menimpanya. Meski sempat putus asa, harapannya untuk sembuh muncul ketika ia mendengar program dari Dobelle Institut, yang mengatakan bahwa itu bisa mengembalikan penglihatan dengan menanamkan kamera ke dalam otak manusia. Setelah terpilih sebagai kandidat, Jens Naunmann pun menjalani program tersebut, dan resmi menyandang status manusia pertama yang menggunakan sistem penglihatan buatan.

5. Dr. Kevin Warwick

Kevin Warwick merupakan salah satu manusia setengah robot yang cukup unik, Gang. Kalo 4 orang sebelumnya menjadi cyborg karena difabilitas, dokter yang satu ini men-cyborg-an dirinya, karena tidak lain dan tidak bukan ya untuk eksperimennya sendiri.
Tak heran jika pria ini dijuluki Si Kapten Cyborg. Sebab, ia ini telah mengimplan tubuhnya dengan berbagai chip elektronik sejak tahun 1998. Dr. Kevin Warwick memang memiliki misi ingin menjadi manusia cyborg seutuhnya pertama di dunia. Hmm.. Yang kayak gini ini nih yang bikin ngeri ya, Gang? Syukuri apa yang ada ya!

Itu tadi 5 manusia setengah robot yang ada di dunia nyata. Jangan lupa kasih Like serta Comment dan Subscribe channel JalanTikus ya! Saksikan juga video JalanTikus yang seru lainnya!

===================================================

Subscribe: https://www.youtube.com/c/JalanTikusID

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom
https://www.vidio.com/@jalantikus

===================================================

Random Video